Griya Sehat Edukatif

Griya Sehat Edukatif
Menyehatkan secara Alami dan Mencerdaskan sejak Dini

Jumat, 06 Januari 2012

ETAWA MILK




Tak ada yang lebih membahagiakan dalam hidup ini karena kesehatan yang diberikan oleh sang pencipta. Membiasakan pola hidup sehat merupakan langkah awal kita menuju sehat. Namun seringkali kita tak tahu harus darimana memulainya. Bahkan untuk disiplin dalam program  sehat pun kadangkala terkalahkan oleh padatnya jadwal pekerjaan yang harus diselesaikan. Sebagai contoh,  banyak minum air putih 8 gelas setiap hari sangat sulit dilakukan, termasuk juga dalam menjaga dan menentukan makanan dan minuman yang menyehatkan.
Kalau minum air putih saja jarang dilakukan, bagaimana dengan kebiasaan minum susu ya? Di Indonesia kesadaran untuk minum susu terutama susu murni masih minim. Hal ini disebabkan karena masyarakat kita tidak terbiasa mencium aroma susu segar (mentah),  atau sama sekali tidak suka susu dan sebagian lagi karena menganggap harga susu lebih mahal dibandingkan dengan kebutuhan  sehari-hari. Padahal susu mempunyai nilai gizi yang tinggi, karena   mengandung unsur-unsur kimia  yang dibutuhkan oleh tubuh seperti  Calsium, Phosphor, Vitamin A,  Vitamin B dan Riboflavin yang tinggi. Komposisinya yang mudah dicerna dengan kandungan protein, mineral dan vitamin yang tinggi, menjadikan susu sebagai  sumber bahan makanan yang fleksibel yang dapat  diatur kadar lemaknya.
Di hampir semua negara termasuk Indonesia, masyarakatnya bisa dengan mudah mendapatkan susu baik dari peternakannya langsung atau dari toko yang menjual susu dalam beragam varian dan kemasan. Yang paling banyak dikenal dan mudah didapat tentunya susu sapi, karena selain rasanya yang sudah cocok dengan lidah orang kita, juga harganya yang terjangkau. Namun sayangnya masyarakat kita cenderung lebih senang dengan susu bubuk instan dibandingkan susu murni segar, tentunya dengan berbagai macam alasan, kebiasaan ini berbeda sekali dengan masyarakat Eropa dan Amerika yang lebih memilih susu murni segar.
   
Lalu bagaimana dengan susu kambing? Apa enaknya susu kambing? Lebih enak susu sapi! Tentunya image masyarakat kita akan merasa enggan untuk mencobanya dengan berbagai alasan, karena jijik, bau khas (prengus), amis, mahal, jorok, tidak hiegenis dan sebagainya. Paradigma seperti ini harus segera dihilangkan, dan mari kita buka wawasan kita untuk menuju hidup lebih sehat terutama untuk  mengkonsumsi susu kambing.

Manfaat dan Kandungan Susu Kambing
Susu kambing merupakan susu terbaik setelah ASI, kaya akan mineral, vitamin, protein dan flourine yang sangat berguna untuk memperbaiki sistem metabolisme dan imunologi tubuh manusia. Susu kambing dapat dikonsumsi oleh anak-anak dan orang dewasa tanpa melalui proses pemanasan terlebih dahulu untuk menjaga kandungan fluorine, vitamin yang ada didalamnya.

Kandungan gizi dari susu kambing memiliki imunologi yang dapat membantu menekan pertumbuhan bakteri yang merugikan dalam tubuh manusia karena kandungan fluorinenya 10 – 100 kali lebih besar dari susu sapi. Susu kambing juga memiliki protein dan efek laksatifnya rendah, sehingga tidak menyebabkan diare atau alergi terutama pada anak balita bagi yang mengkonsumsinya, mendukung pertumbuhan tulang dan gigi, serta membantu pembentukan  sel-sel darah  dan jaringan tubuh. Sedangkan kandungan mineralnya memperlambat pengeroposan tulang atau osteoporosis.
Kandungan lemak dan protein dalam susu kambing lebih kecil dan lembut dibandingkan dengan susu sapi, sehingga bisa membantu pencernaan dan menetralisir asam lambung dan mudah diserap oleh tubuh kita, itu sebabnya susu ini aman untuk bayi diatas enam bulan, manula dan penderita radang usus. Menurut Dr. Sherilyn Renya dari Washinton State menunjukkan bahwa dibutuhkan kurang dari 20 menit untuk mencerna susu kambing, daripada susu sapi yang membutuhkan waktu hampir 24 jam supaya bisa dicerna. Susu kambing juga memiliki kelemahan yaitu rendahnya kandungan folic acid dan vitamin B12.

KANDUNGAN DAN KHASIAT SUSU KAMBING :
a. Mengandung Zincum (Zn) pembentuk system kekebalan tubuh.
b. Mineral Alkaline baik untuk penderita maag kronis.
c. Zat Flourin serta betakasein baik bagi penderita Bronchitis, Asma, TBC, Pneumonia.
d. Kandungan A2-betakasein dan Asam Amino Esensial pembentuk insulin berguna bagi penderita diabetes.
e. Cynokobalamin pembentuk zat Hb bagi penderita Demam Berdarah, Anemia, Thalasemia.
f. Kalium (K) berguna bagi penderita Arteriosclerosis, Tekanan Darah Tinggi maupun Darah Rendah.
g. Enzim Xanthine Oxydase dan niasin (Vit B3) berfungsi mengatasi sel Kanker / Tumor dan mengurangi efek toksis kemoterapi.
h. Kandungan Kalsium membantu pertumbuhan tulang dan mencegah Osteoporosis.
i. Kandungan MCTnya (Medium Chain Trygliseride) berguna bagi program Dietary dan penyembuhan akibat stroke.
j. Kaya dengan lactoglobulin penahan protein penyebab alergi.
k. Tingkat keasaman yang menyerupai kulit dapat melembabkan dan mempercantik kulit.
l. Mengandung mineral, belerang metionin, riboflavin (Vit B2) dan B3 yang menumbuh kembangkan sel otak serta system saraf bagi kecerdasan anak.
m. Reboflavin (Vit B2) bermanfaat menurunkan frekuensi serangan migraine.
n. Lactoferrin (LF), lactoperoxidase, lysozyme dan peptide dapat meningkatkan aktivitas CD4 dan sel T sebagai pembentuk kekebalan tubuh bagi penderita infeksi virus HIV.
Dikutip dari dr. Zein Djaja MD, Praktisi pengobatan Herbal dan dr. Imelda Margaretha, Healt Consultan PT. Diamond Interest International.

JENIS OLAHAN SUSU KAMBING
1. Susu kambing murni segar dalam keadaan beku. Susu jenis ini adalah susu terbaik untuk konsumsi terutama terapi kesehatan, karena sangat kaya akan kandungan gizi yang diperlukan untuk kesehatan kita.
2. Susu kambing olahan dalam bentuk bubuk dengan lima rasa yang berbeda yaitu coklat, strawberry, jahe, kopi dan murni bubuk. Ini hanya sebagai alternative pilihan dalam mengkonsumsi susu karena lebih mudah dalam merawat atau menjaga keawetan susu itu sendiri, walaupun sebenarnya susu ini mengalami pengurangan kandungan gizi yang signifikan karena proses pembuatan dari pemanasan yang cukup lama, sehingga kurang disarankan untuk konsumsi terapi kesehatan.
 3. Susu kambing murni segar beku dapat diolah menjadi milkshake dengan berbagai macam rasa pilihan selera kita, rasa buah asli strawberry, coklat bubuk, kopi, biskuit oreo. Varian dari rasa susu jenis ini memberikan nuansa pilihan kesegaran dan kenikmatan cita rasa tanpa mengurangi kandungan nilai gizi yang ada didalamnya. Jadi susu jenis tetap dapat digunakan
4. Susu kambing murni ini dapat diolah menjadi es cream dengan berbagai macam rasa pilihan.

Perlakuan, Penyimpanan Terhadap Susu Kambing
1. Dapat tahan sampai 3 bulan jika dalam penyimpanannya di dalam freezer atau dalam keadaan beku tanpa keluar masuk.
2. Dalam area atau pintu kulkas dapat bertahan 3 hari sampai 4 hari.
3. Susu dalam keadaan cair jika diletakkan di luaran atau suhu kamar hanya dapat bertahan 3 jam, ini juga berlaku untuk susu dengan segala merk.

Bagi yang berminat bisa pesan sms ke 085729085666 / www.griyasehatedukatif.blogspot.com (Ummu Abdulloh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar