Griya Sehat Edukatif

Griya Sehat Edukatif
Menyehatkan secara Alami dan Mencerdaskan sejak Dini

Rabu, 18 Januari 2012

“Siklus” Pembalut Wanita Ramah Lingkungan Produk SMKN 7 Purworejo


“Siklus” Pembalut Wanita Ramah Lingkungan Produk SMKN 7 Purworejo


Limbah bekas pembalut wanita yang beredar dipasaran saat ini hanya dibuang begitu saja tanpa pengolahan lebih lanjut, dinilai dapat eneari lingkungan. Dari kekawatiran itu munculah pemikiran atau gagasan untuk menciptakan produk yang dinilai lebih ramah lingkungan. Dari gagasan itulah akhirnya SMKN 7 Purworejo, menciptakan pembalut wanita cuci ulang “Siklus” yang dinilai lebih hemat dan lebih ramah lingkungan.
Produk putra-putri Purworejo itu secara resmi dilaunching Plt Sekda Drs Tri Handoyo MM, bertepatan dengan acara pameran pendidikan, Jum’at (20/5), di komplek SMAN 7. Sebelum di launchig, produk ini ternyata sudah merambah pasaran nasional. Setiap ibukota propinsi dari Aceh hingga Maluku sudah memiliki agen.
Puji Astuti salah satu guru di SMKN 7, memaparkan bahwa ide tersebut diawali dari rasa keprihatinan Ibu Ely Berti Erlyna, rekan sesama guru di SMKN 7 Purworejo, atas dampak pencemaran lingkngan yang diakibatkan belas pembalut wanita. Pembalut wanita yang beredar di pasaran selama ini, ternyata sulit dihancurkan. Disamping itu, ada sebagian kaum wanita memakainya menjadi pemicu iritasi. Berangkat dari hal itu, ia berpikir bagaimana bisa menciptakan pembalut wanita cuci ulang, disamping hemat juga mengurangi pencemaran lingkungan.
Diilhami para ibu-ibu tempo dulu, yang hanya mengenakan pembalut memanfaatkan kain, muncullah ide membuat pembalut wanita cuci ulang berbahan kain. Ide tersebut ternyata mendapat dukungan penuh dari kepala sekolah, Drs Sungkono. Mulai saat itulah dilakukan kajian dan uji coba beberapa jenis bahan kaos yang dapat digunakan sebagai pembalut wanita. Akhirnya setelah melakukan berbagai kajian dan ujicoba, ditemukan jenis bahan kaos PE (poly etelin), yang dinlai paling bagus. Bahan kaos ini memilki keunggulan antara lain terbuat dari katun bermutu, lembut, halus, dan berdaya serap tinggi.
Bahan ini tidak mudah menimbulkan iritasi kulit yang sensitive pada daerah lembab di daerah sekitar organ reproduksi wanita. Apabila ada noda/ darah mudah larut bila disiram air. Mudah kering dan tahan lama, hingga masa pemakaian selama tiga tahun. Mudah dan dapat disetrika, untuk mensterilkan dari bibit penyakit.
Unit produksi dan jasa SMKN 7 Purworejo mengawali produksi pada tanggal 27 Pebruari 2010, dengan modal awal Rp 15 juta. Menyinggung pemberian nama, Puji Astuti, mengatakan bahwa berbicara tentang pembalut wanita, terkait erat dengan menstruasi. Tiap wanita normal akan mendapat menstuasi setiap bulannya dengan siklus yang berbeda-beda. Kemudian produknya diberi nama “Siklus”.
Sejak Nopember 2010, pesanan semakin meningkat, sehingga produski terus ditingkatkan. Untuk memenuhi pesanan kini melibatkan 29 karyawan, terdiri dari 19 orang sebagai penjahit, 5 tenaga potong, 3 orang petugas sortir, dan 2 orang packing. Tenaga disamping dari pihak sekolah, melibatkan masyarakat sekitar sekolah, Desa Kemanukan Kecamatan Bagelan. Kini produksinya mencapai 2.500 pak per bulan. Omset penjualan mencapai Rp 40 juta dengan laba sekitar 5 juta per hari.
Beberapa ukuran produk “Siklus” dengan harga bervariasi, seperti standar dan jumbo. Ukuran tergantung ukuran badan pemakai dan deras tidaknya menstruasi. Pembalut ini terdiri dari tiga bagian, yaitu bagian depan, isi dan belakang. Satu pcs terdiri dari 10 lipatan bahan kaos.
“Penggunakan pembalut ini sangat murah dan efisien, karena setelah pemakaian dicuci ulang. Berbeda dengan pembalut pada umumnya yang hanya sekali pakai terus buang. Setelah cuci agar steril, di setrika. Masa pemakaian sekitar 3 tahun atau 38 bulan/ 38 masa haid,” katanya.
Ditambahkan oleh Sungkono bahwa, bahan kaos ini didatangkan dari Bandung (Jabar). Tiap minggu menghabiskan 7 bal, dimana tiap bal beratnya sekitar 40 kg. Harga bahannya bervariasi tergantung bahan luar atau dalam, namun rata-rata Rp 46.000 per kg. Tiap 1 kg dapat dibuat sekitar 22 pcs pembalut.
Kedepan pihaknya berencana memproduksi pempers bayi. Hal itu untuk memenuhi permintaan yang terus mengalir terutama dari Jawa Timur. Pesanan ini diawali dari penggunaan pembalut untuk pempers bayi, ternyata cocok. Kemudian konsumen minta untuk memproduksi pempers bayi.


Tentang SIKLUS Pembalut Wanita Cuci Ulang n Ramah Lingkungan :
Siklus merupakan Pembalut Wanita Pilihan, baik untuk hemat & sehat. Siklus pembalut wanita yang terbuat dari bahan kain kaos bermutu dan lembut, hingga aman dan nyaman dipakai karena bebas dari bahan-bahan kimia yang berbahaya.

Fakta tentang Siklus :
1. Terbuat dari bahan kaos pilihan yang bermutu tinggi jenis PE (poly etelin)
, dengan kelebihan; daya serap tinggi, lembut dan nyaman dipakai, tidak menimbulkan iritasi , tahan panas (diseterika) sehingga menjaga bahan steril, dan warna tidak luntur & aman dipakai setiap saat.
2. Memiliki daya serap yang kuat
3. Lembut dan nyaman dipakai
4. Jika terkena noda/ darah tidak melekat dan mudah dicuci
5. Lapisan luar dan dalam dengan bahan kaos kwalitas sama & ketebalan 10 lapis
6. Tahan panas (setrika) sehingga menjaga bahan steril
7. Warna tidak luntur dan aman dipakai setiap saat
8. Tidak menimbulkan iritasi sehingga aman dipakai
9. Tidak mempunyai efek samping karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya
10. Dapat digunakan dalam waktu lama karena tidak mudah rusak (3 tahunan = kurang lebih 36 kali pemakaian), insyaaAllaah..
11. Kombinasi warna dalam setiap kemasan menarik
12. Hemat dengan harga terjangkau
13. Ramah lingkungan karena setelah dicuci dapat dipakai ulang
14. Bukan terbuat dari kain perca atau kain sisa industri, murni kain baru baik kain luar dan dalam. (HATI-HATI BARANG TIRUAN TERBUAT DARI PERCA)
15. Produk sudah di Launching oleh Bapak Bupati Kabupaten Purworejo tanggal 20 Mei 2011.

Tips Cara Penggunaan dan Perawatan Siklus :
1. Sebelum digunakan cuci terlebih dahulu.
2. Setrika pembalut untuk menjaga agar tetap steril.
3. Gunakan Siklus Pembalut wanita sayap untuk haid yang tidak terlalu deras cukup satu saja.
4. Gunakan Siklus Pembalut wanita "Kombinsasi" untuk haid yang cukup deras dengan menggabungkan 2 pembalut, yaitu satu yang bersayap dengan yang tidak bersayap.
5. Jika haid banyak/ deras, gantilah pembalut setiap 3-4 jam agar lebih nyaman dan aman
6. Jika dibutuhkan, rendam dengan air hangat dan cuci dengan sabun mandi bila noda benar-benar melekat.

Macam-macam Siklus Pembalut Wanita :

A. Harga Ekonomis : 1 pack isi 6 pcs
1. Standar Kombinasi Spesial (3 sayap + 3 reguler, dgn kancing ceplik)
2. Standar Sayap Spesial (6 sayap, dgn kancing ceplik)

B. Harga pilihan dengan bahan dan sayap lebih lebar : 1 pack isi 6 pcs
1. Standar Kombinasi (3 sayap + 3 reguler, dgn kancing kemeja)
2. Standar Sayap (6 sayap, dgn kancing kemeja)

C. Untuk haid deras, wanita gemuk, dan nifas : 1 pack isi 6 pcs
1. Jumbo Kombinasi (3 sayap + 3 reguler, dgn kancing kemeja)
2. Jumbo Sayap (6 sayap, dgn kancing kemeja)

D. Kemasan baru 1 pack isi 2 pasang dg lapisan anti bocor
1. Standar Kombinasi (2 sayap sbg cover, 2 reguler sbg insert)
2. Jumbo Kombinasi (2 sayap sbg cover, 2 reguler sbg insert)

Ukuran panjang pembalut standar 28cm wkt potong (bruto)
Ukuran panjang pembalut jumbo 32 cm wkt potong (bruto)

Harga Grosir :
- Untuk kemasan 1 pack isi 6 pcs : pembelian 5 pack (1kg)
- Untuk kemasan baru 1 pack isi 2 pasang ; pembelian 8 pack (1kg)

Agen/ Reseller are wellcome !!!
- Agen min. order awal 25 pack (5 kg) untuk kemasan 1 pack isi 6 pcs, selanjutnya boleh 20 pack (jk menghendaki) dan 24 pack (3 kg) untuk kemasan baru 1 pack isi 2 pasang, selanjutnya boleh 20 pack (jk menghendaki)

- Reseller min. order awal 15 pack (3 kg) untuk kemasan 1 pack isi 6 pcs, selanjutnya boleh 10 pack (jk menghendaki) dan 16 pack (3 kg) untuk kemasan baru 1 pack isi 2 pasang, selanjutnya boleh 12 pack (jk menghendaki)

Kami juga menyediakan panpers bayi dan anak2 (Siklus Baby Pants Cuci Ulang), tampon/ lampin yang bisa dipakai kembali setelah dicuci.

^^ MARI MENJADI WANITA YANG PEDULI PADA KESEHATAN DIRI DAN KELESTARIAN LINGKUNGAN ^^

Untuk info lebih lanjut dan pemesanan silakan sms ke 085 729 085 666, dengan mencantumkan Nama, Alamat, Jenis barang dan Jumlah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar